ANEKA TIPS DAPUR

KLIK - Detail 1. Berapa banyak air jeruk yang dihasilkan dari 1 buah jeruk? Dari 1 buah jeruk sedang akan didapat kira-kira 1/4 cup air jeruk.

2. Untuk menghindari keju menjadi keras, sebelum disimpan di lemari es sebaiknya oleskan ujung-ujungnya terlebih dahulu dengan mentega.

3. Agar piring, panci, atau pinggan yang akan dimasukkan dalam oven mudah dicuci dan bersih setelah digunakan, sebaiknya sebelum meletakkan makanan atau adonan yang akan dipanggang bungkuslah terlebih dahulu piring atau pinggan tadi dengan kertas aluminium foil.

4. Untuk mencegah terjadinya goresan pada panci serta wajan anti-lengket, letakkan kain cempal di antara panci/penggorengan tadi saat Anda menumpuknya untuk disimpan di lemari.

KLIK - Detail 5. Agar gula tidak menggumpal atau berubah jadi keras, masukkan kelereng ke dalam wadah penyimpan gula tadi.

6. Pisau pemotong pizza dapat menjadi sebuah alat perlengkapan dapur yang serba guna dan tidak hanya untuk pizza. Gunakan untuk menghilangkan pinggiran roti saat membuat sandwich anak-anak, memotong sandwich menjadi empat bagian dengan sempurna, memotong pancake, dan sebagainya. Roda-roda/gerigi yang tajam di pisau pizza membuat potongan lebih cepat dan mudah dibanding menggunakan pisau biasa.

7. Jika Anda mencoba resep masakan yang baru, ikuti menurut petunjuk resep yang ada. Jika setelah dicicipi mungkin ada rasa yang kurang menurut selera Anda, tambahkan
bumbu. Tapi jangan lupa pula, buat tentang tambahan bumbu tadi di catatan buku resep. Tulis di bagian kanan atau bawah resep. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan rasa yang pas jika membuat masakan itu lagi.

8. Kontrol porsi makan anak agar tak berlebihan. Jika memberi makanan untuk anak, perhatikan porsinya. Jangan memberikan porsi yang sama seperti untuk ukuran orang dewasa! Berikan 1/4 atau 1/3 ukuran orang dewasa. Toh, kalau ia masih merasa lapar, anak bisa minta tambah daripada Anda harus membuang makanan yang tak dihabiskannya.

KLIK - Detail 9. Agar selera makan anak semakin besar, coba olah makanannya dengan bentuk unik yang menarik minat sekaligus seleranya. Misalnya, telor dadar dipotong-potong menjadi segitiga, sandwich dijadikan potongan kecil segi empat, buah-buahan disajikan dalam bentuk potongan lingkaran, dan sebagainya. Selain menggugah selera, anak juga sekaligus bisa belajar mengenai aneka bentuk dan penjumlahan.

10. Agar berbagai macam minuman dan punch yang akan disajikan tampak lebih menarik, tambahkan es batu kecil-kecil yang telah diberi hiasan bunga, bumbu dapur, juga buah-buahan. Caranya, cari bunga/buah organik yang bebas dari pestisida. Cuci bersih, sisakan satu helai daun atau tangkainya kemudian taruh satu per satu di dalam wadah pembuat es batu. Setelah membeku, es berhias tersebut diap digunakan. Cemplungkan ke dalam gelas atau mangkuk berisi minuman/punch.

11. Jika membeli sebuah barang dan akan menyimpannya ke dalam lemari, biasanya label masih menempel di barang tersebut. Kalaupun terlepas, masih ada sisa lem yang merekat dengan kuat. Untuk membersihkannya, ambil cuka putih, gosok pada sisa-sisa lem. Tak akan ada lagi sisa lem yang menempel!

KLIK - Detail 12. Agar jagung manis tetap segar, biarkan di tempat terbuka untuk beberapa saat baru kemudian rendam di dalam air dingin selama 1 jam sebelum di simpan di lemari es. Saat akan diolah, masaklah dengan cepat dengan api besar sehingga rasa manis di jagung tak menguap.

13. Tomat segar bisa bertahan lebih lama jika Anda menyimpannya bersama batang dan taruh dengan posisi tangkai di atas.

14. Agar bau ikan tidak menjadi amis dan tetap segar pada waktu dikeluarkan dari freezer, cairkan dengan cara memasukkannya ke dalam air susu.

15. Untuk menghindari keju menjadi keras, sebelum disimpan di lemari es sebaiknya oleskan ujung-ujungnya terlebih dahulu dengan mentega.