Kesehatan - Menghilangkan Napas Tak Sedap
01 Jul 2004 16:09:34
 
Tentunya, Anda pernah merasakan seseorang yang memiliki napas tak sedap dan bahkan sangat mungkin ini menimpa diri Anda sendiri. Apapun kondisi apakah Anda yang memberikan atau menerima, napas tak sedap atau dikenal dengan halistosis adalah suatu keadaan yang memalukan.

“Napas tak sedap umumnya disebabkan bakteri yang ada dalam mulut,” jelas Lisa Mapplebeck, seorang ahli kesehatan gigi. Ia mengingatkan bahwa bakteri--kira-kira 400 jenis yang berbeda-- selalu ditemukan dalam mulut dan hidup dari sisa makanan. Tetapi banyak cara untuk menghilangkan bau tak sedap tersebut.

Permen gula atau mint mempercepat timbulnya masalah bau tak sedap, ini menjadi tempat yang subur bakteri, untuk mencegah penyebaran bakteri, gunakanlah penyegar mulut yang tidak larut dalam mulut untuk membunuh bakteri atau kumur mulut setiap kali setelah konsumsi permen dan sikat gigi minimal 3 kali sehari atau setiap selesai makan untuk menghilangkan sisa-sisa makanan penyebab napas tak sedap.

Ada beberapa penyebab terjadinya napas tak sedap:

  • Makanan
    Hindari bawang bakung yang banyak mengandung sulfur dan bawang putih, kopi, telur dan produk sehar-hari juga dapat meninggalkan aroma tak sedap di mulut.

  • Puasa
    Tidak makan juga dapat meninggalkan napas tidak sedap. Sisa makanan dan bakteri menjadi basi dan mengeluarkan aroma yang cukup mengganggu.

  • Menstruasi dan kehamilan
    tingkat hormon yang tidak teratur dapat mempengaruhi kemampuan tubuh kita menyerang bakteri (termasuk salah satunya yang ditemukan dalam mulut).

    Bagaimana Anda mengatakan pada seseorang yang memiliki napas tak sedap? Mapplebeck menyarankan pendekatan yang hati-hati secara langsung dan tidak menyinggung.
(ya2n)